Liga Arab Minta PBB 'Meng-upgrade' Penuh Status Palestina

REPUBLIKA.CO.ID, DOHA – Liga Arab akan meminta PBB agar meng-upgrade (meningkatkan) penuh status Palestina dalam keanggotaan organisasi negara-negara di dunia itu. Demikian pernyataan yang dihasilkan pertemuan Liga Arab di Qatar, Kamis (14/7).

"Telah diputuskan untuk meminta PBB memberikan pengakuan negara Palestina dengan Yerusalem Timur yang diduduki sebagai ibukotanya. Kami juga meminta PBB memberikan pengakuan keanggotan penuh terhadap Palestina," demikian pernyataan Liga Arab.

Namun pernyataan tersebut tidak memberikan tenggat waktu yang menunjukkan permintaan tersebut akan diajukan pada saat Sidang Umum PBB September mendatang.

Walau demikian, delegasi Palestina mengatakan Liga Arab telah meminta kepada komite Liga Arab untuk menentukan tanggal.

Status keanggotaan penuh di PBB membutuhkan persetujuan Dewan Keamanan (DK), di mana sekutu Israel—Amerika Serikat—telah menegaskan akan memveto setiap resolusi terkait masalah ini.

Palestina—yang saat ini memegang status "diamati" PBB—sebelumnya berjanji akan mencari dukungan PBB pada September mendatang untuk mengklaim kedaulatan mereka di Jalur Gaza dan Tepi Barat serta Yerusalem Timur yang diduduki Israel..

Liga Arab secara resmi mendukung rencana sejak Mei lalu. Namun ketika menghadapi perlawanan Israel dan beberapa negara dunia, Palestina sebelumnya mengisyaratkan akan memilih untuk meningkatkan status menjadi "negara non-anggota", yang hanya membutuhkan persetujuan Majelis Umum PBB.

0 komentar:

 

KABAR DPC

KIPRAH PEREMPUAN

ASPIRASI